Senin, 28 Januari 2013

MEMBUAT LUKISAN MERAK DENGAN CANGKANG KULIT KEONG DAN BULU AYAM


             Sempat saya dulu berpikir apa jadinya jika di dunia ini terlalu banyak limbah sampah. Limbah sampah ini tidak hanya berbentuk cair yang berasal dari pabrik namun juga dapat dari rumah tangga sendiri. Selain limbah yang berupa benda cair juga ada limbah yang berbentuk  padat.Nah ! oleh sebab itu aku mau cerita nih hasil karya aku waktu  SMA yang aku gunakan sebagai ujian praktek seni.
Aku berinisiatif membuat lukisan yang berbeda dari sebelumnya. Awalnya hal ini aku dapatkan inspirasinya dari lingkungan desaku sendiri. Jadi, di daerahku itu banyak kulit dan cangkang keong sawah yang sudah tidak digunakan lagi oleh warga . Kebanyakan kalau musim hujan seperti ini jumlah keong sawah yang ada di tempatku akan bertambah banyak dan pastinya warga akan memburunya untuk digunakan sebagai lauk ataupun dijual ke pengepul dan akan disetorkan ke pabrik.
          Akhirnya aku ambil saja cangkang keong terutama yang menempel pada mulut keong yang akan aku gunakan untuk lukisan nanti. Dan aku putusakan untuk membuat lukisan merak dari cangkang keong selain itu karena merak memiliki bulu maka aku gunakan bulu ayam dengan di beri warna yang berwarna-warni agar terlihat menarik dan alhasil aku gunakan kemoceng yang bewarna-warni  karena memang waktu itu aku tidak mempunyai persiapan yang panjang untuk mencari bulu ayam yang  masih polos.
Caranya mudah hanya saja kita butuh ketelatenan yang tinggi agar menghasilkan karya yang bagus yaitu:
Alat:
1.    Pisau/gunting
2.    Kanvas
3.    pensil dan penghapus
Bahan:
1.    triplek dan kayu yang nantinya akan dibentuk menjadi pigura dan jika tidak ingin repot langsung saja membeli pigura yang sudah jadi.
2.    cangkang kulit keong sawah
3.    bulu ayam
4.    lem
5.    hiasan mata boneka
6.    cat air maupun cat kayu
7.    minyak

Langkah kerja:
1.    Ambil triplek dan warnai dasarannya dengan warna putih kalaupun tidak diwarnai dasarannya tidak apa-apa ini digunakan pada triplek yang memiliki goresan ataupun luka yang nantinya akan menganggu dalam proses selanjutnya.
2.    Sketsa gambar menggunakan pensil baik gambar merak maupun backgroundnya
3.    setelah selesai cat daerah yang memang tidak digunakan untuk cangkang maupun bulu ayam
4.    selanjutnya pasangkan bulu ayam menggunakan lem sesuai alurnya dan  pasangkan juga cangkangnya (terserah yang mana yang lebih dahulu) sebelumnya cangkang tersebut dibentuk dengan dipotong menggunakan pisau maupum gunting sesuai pola anda kalau bisa berbentuk seperti ini

.....
5.    pasangkan mata boneka pada merak

6.    setelah semua selesai olesilah cangkang tersebut dengan minyak (bisa juga minyak goreng) agar terlihat mengkilap.

SELAMAT MENCOBA .. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar